GTP yang melelahkan

Tanggal 19-20 kemarin, aku ikut kegitan pramuka di skola. Nama kegiatan ini adalah GTP (Gladi Tangguh Penggalang). Selama 2 hari itu kita nginep di sekolah. Rencananya sih mau tidur di tenda, tapi karena cuaca tidak mendukung, huuuaaaa…… :’( jadinya kita tidur di kelas deh.. Meskipun tidur di kelas, acara selama 2 hari tetap menyenangkan.. Di hari pertama kita belajar tentang PBB, sandi dan macam-macam simpul. Pertamanya sih g ngerti gimana caranya, tapi setelah di ajaran para kakak Pembina(hahha) kita bisa menyimpul tanpa di pandu.. Untuk mengtes kemampuan kita menyimpul, kakak Pembina nyuruh kita bikin sebuah pionere (sebuah bentuk dari tongkat dan beberapa simpul yang berguna) bersama regu kita masing-masing. Kegiatan ini sebernya bikin aku BT.. Tapi lama-lama seru juga..

Abis kita bikin pionere, kita mengadak jalan malam (bukan Jurit Malam). Pertamanya anak-anak pramuka kira itu jurit malam, soalnya kita di suruh doa bareng regu, trus menyiapkan mental.. huuuaaa…. Selama jalan malam kita cuma di kasih 1 lilin dan 4 batang korek api. Kalo sampe lilin dan koreknya abis, kita mesti ngulang dari pos pertama. Urutan pos yg harus di jalanin di reguku adalah pos 2, pos 3, pos 4, pos 1..

Di pos ke dua, kita harus melewati rintangan tali dengan merangkak. Trus, dari regu kita harus ada 4 orang yang di tutup matanya, dan di akhir rintangan itu ternyata ada air, tapi kita tetap harus melewatinya.. jadi baju kita basah semua.. huuuaaaa….

Pos ke tiga itu tentang cinta tanah air. Saat pertama kali MOS, kita udah di ajarin kalo ada lagu “Indonesia Raya” kita harus hormat. Di pos itu di setelin lagu itu. Pertamanya reguku pada ga inget kalo kita mesti hormat, jadi pada bengong aja (sambil nunggu giliran). Trus waktu regu selanjutnya dateng, mereka langsung hormat waktu denger lagu itu. Yaudah, regu kita ikutin aj, eh,, waktu lagi hormat regu yang barusan dateng tadi pada ngliatin kita gitu.. hhuuuaaa,,, malu…

Pos ke empat itu tentang pengorbanan. Pertamanya kita di tanyain :”menurutmu apa itu pengorbanan” dan tumben-tumbennya tuh, otakku lagi lancar, jadi aku bisa jawab pertanyaan itu dan benar.. ahhha(Bangga). Aku jawab :”sesuatu yang haus di relakan untuk kepentingan bersama”. Abis kita di Tanya-tanya gitu, kita di suruh berpasangan, trus orang yang pertama harus di tutup matanya dan orang yang ga di tutup matanya harus nuntun yang buta ke pos selanjutnya. Untung tinggal 1 pos, jadi ga pegel merem terus, bisa ketiduran nanti(hahaha). Oh ia, setelah kita melewati 3 pos, ga ada apa-apa tuh.. biasa-biasa aja. Jadi Pembina Cuma ngerjain kita, huuuaaa….

Pos ke satu berhubangan sama pos empat.. kita yang buta di tanyain apa ga enaknya jadi orang buta. Setelah semuanya udah jawab, yang ga buta di suruh jadi orang buta(tukeran profesi). Itulah hari pertama.. lumayan seru..
Di hari pertama kita baru selesai acara jam 00.00,, huuaaa.., malem banget.. cape banget.. tapi dapet banyak pelajaran yang di dapet juga sih.. akhirnya kita pun tidur dengan tentram, haha.. tak lupa aku nyetel alarm di jam “spongebob tercinta” jam 5.. hua, pagi banget.. tapi emang harus di jalanin, mau di apain lagi??

Aku tidur terakhir bangun pertama.. hhuuuaaa,,, aku ga bisa tidur, temen yang laen pada ngorok (ngok, ngok) ganggu banget.. jam 5 kurang aku uda bangun.. aku duduk selama 15 menit sambil nungguin jam alarm bunyi. Udah nungguin gitu, jamnya ga bunyi-bunyi, yaudah, aku tidur lagi.. eh, baru 5 detik tidur tiba-tiba si bom meledak di telingaku.. gila, kenceng banget bunyinya.. yaudah, kita semua bangun dan menuju ke lapangan untuk menyadarkan diri.. haha

Setelah semuanya udah sadar, kita kembali ke gedung sekolah tercinta untuk mandi. Tapi di tengah-tangeh acara mandi kita, kita juga di suruh untuk masak nasi goring. Yaudah, jadi kita gantian aja. Abs kita selesai semuanya,, ini dia acara yang palingg melelahkan dan membosankan.. huhu
Kita di suruh ngumpul di ruangan untuk belajar tentang kompas. Selama di jelasin tentang kompas, aku ga dengerin semuanya.. haha.. kayaknya waktu berjalan lama banget..

2 jam kemudian..

Kita di suruh ngumpul di hall lt.1 untuk persiapan berjalan ke luar sekolah tanpa di pandu kakak Pembina.. kita harus melewati 4 pos selama perjalanan + pos persiapan.. di sini lah perjalanan di mulai…

Di pos persiapan kita harus memecahkan sandi, setelah terpecah kita harus melakukan sesuai pesan tersebut. Setelah kita melakukan pesan tersebut, kita harus ke pos 1 dengan clue yang di berikan.. tapi selama perjalanan, kita juga hatus membuat peta pita. Kita harus menghitung langkahnya, derajatnya (menggunakan kompas), dan waktunya.. karena di regu kita ga ada yang bawa jam, akhirnya dengan terpaksa aku bawa jam spongebob ku.. huuuaaa,, memalukan..
Clue untuk ke pos pertama adalah: jalan lurus ke arah kiri sekolah, temukan patung kuda dengan kesatria. Itulah pos pertama.. pos tersebut terletak di belakang sektor 1D.

15 menit kemudian..

di pos 1 kita menghabiskan waktu selama 1 jam.. kita harus memecahkan sandi daan haus yang di lakukan.. sandi itu da beberapa nomor. Sandi nomor 1 adalah: nyanyikanlah lagu daerah Indonesia menggunakan gerakan. sandi nomor 2 adalah: ucapkanlah Dasadarma pramuka dengan keras dan lantang. Sandi nomor 3 adalah: Tulislah Dasadarma menggunakan sandi kotak. Sandi nomor 4 adalah: Lakukanlah nomor 2 untuk mendapatkan clue untuk ke pos 2. Setelah kita melakukannya, kakak Pembina bilang,yang harus kita lakukan itu Cuma nomor 4, jadi harusnya kita ngelakuin yang nomor 2: ucapkanlah Dasadarma pramuka dengan keras dan lantang. Huuaaa,, di kerjain lagi..

Clue untuk ke pos kedua adalah: jalan lurus dari sini, temukan kota berpolusi, temukan tempat peristirahatan terakhir, pos tersebut berada di depan sekolah yang telah berdiri kembali. Untuk sampai ke pos 2, kita menghabiskan waktu 45 menit dengan jalan yang melelahkan.

45 menit kemudian..

Di pos 2 kita harus menampilkan yel-yel dari regu kita. Untung ga susah soalnya uddah buat dari kemaren.. tapi masih cape.. huaaa,, yaudah, sambil nunggu giliran, kita latihan aj.. di pos 2 kita menghabiskan waktu sekitar 40 menit (lebih cepet waktu perjalanan ke pos 2) setelah menyanyikan yel-yel, kita lanjut ke pos 3..

Clue untuk ke pos 3 adalah: dari pahoa(sekolah yang telah berdiri kembali) belok kiri, lewati jalan yang sangat panjang, temuka tempat produksi kringat, dan pos 3 berada di tempat pertambangan minyak. Untuk ke pos 3 kita menghabiskan waktu 50 menit.

50 menit kemudian..

Akhirnya kita sampe di pos 3, di pos tiga ini kita hanya di suruh membuat 3 simpul. Di pos 3 kita menghabiskan waktu 30 menit..(lumayan). Akhirnya kita melanjutkan perjalanan ke pos 4..

Clue untuk ke pos 4 adalah: pos 4 berada di sekolah, di lapangan SMP dan SMA. Untuk ke pos 4 kita menghabiskan waktu 45 menit..

45 menit kemudian..

Akhirnya setelah 4 jam jalan, sampe juga di sekolah dengan jam spongebob, haha.. di pos 4, kita harus membuat pionere.. saat kita membuat pionere, tiba-tiba ada angin kencang..(kencang banget), tenyata itu tanda mau hujan,, dan bener. Ga lama kemudian hujan turun..
Inilah akhir dari GTP ku.. dari GTP ini aku dapet banyak pelajran, meskipun cape.. tapi setelah makan siang, kita masih harus mengikutu upacara penutupan.. hhhuuuaaaa,,, cape tapi menyenangkan.. acara selesai jam 15.00

Aurima

0 Response to "GTP yang melelahkan"